Archive for 10/07/2012


Minggu lalu adalah pengumuman SNMPTN. Seleksi nasional untuk memasuki perguruan tinggi negeri. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, Fakultas Kedokteran (FK) tetap menjadi primadona. Saya mengenang ketika malam pengumuman tujuh tahun yang lalu dan betapa bersyukurnya saya diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB). Cita-cita saya selalu spesifik sejak kelas tiga di sekolah dasar di Madrasah Ibtida’iyah I Madiun. Cita-cita saya: sekolah di SMAN 3 Malang dan kuliah di FKUB. Alhamdulillah tercapai.

Saya mengenang saat saya masuk, lalu saat saya lulus, dan kini telah menjalani profesi dokter selama (baru) hampir satu tahun. Saya berpikir mungkin ada gunanya juga saya bagi beberapa hal dalam menyiapkan diri masuk FK. Beberapa hal yang dulu saya harap saya tahu, atau ada yang memberi tahu saya, saat pertama kali memulai kehidupan mahasiswa FK. Dan beberapa hari ke depan insya Allah saya akan membuat serial posting tentang ini. Sesuatu yang akan saya bagi ke siapapun yang akan terjun ke dalam kelompok profesi gila yang kita sebut dokter.

Continue reading

A previously normal newborn infant in a community hospital nursery is noted to be cyanotic at 14 h of life. She is placed on a face mask with oxygen flowing at 10 LPM. She remains cyanotic, and her pulse oximetry reading does not change. An arterial blood gas shows her PaO2 to be 23 mmHg. Bilateral breath sounds are present, and she has no murmur. She is breathing deeply and quickly, but she is not retracting. You are concerned about congenital heart disease. While you are waiting for the transport team from the nearby children’s hospital, you should initiate which of the following?

a. Indomethacin infusion

b. Saline infusion

c. Adenosine infusion

d. Prostaglandin E1 infusion

e. Digoxin infusion

the answer is below…

Continue reading