Tag Archive: mahasiswa


Ujian Anatomi

Ini kejadian nyata nyaris sepuluh tahun lalu..
Betapa bel ujian praktikum anatomi itu memberikan efek merontokkan hafalan..

View on Path

Advertisements

Tulisan ini untuk adik-adik Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya angkatan 2009 yang baruuu saja menjalani yudisium. Apa sih yudisium itu?

Di FKUB, kami menjalani dua kali yudisium. Yudisium pertama adalah pengesahan gelar Sarjana Kedokteran, [S. Ked] di belakang nama kami. Yudisium kedua adalah pengesahan gelar Dokter, [dr.] di depan nama kami. Yudisium ini berbeda dengan wisuda. Wisuda bersifat pelepasan dari institusi, artinya kami bukan mahasiswa lagi. Sementara yudisium, hanya pengesahan gelar, dimana kami masih berstatus mahasiswa.

Lha ini malah nulis tentang yudisium. Sebenarnya mau nulis apa ini Dok?

Hehe… Kali ini saya ingin menulis sekaligus memberi pesan untuk adik-adik yang baru saja yudisium. Tentang amnesia. Hilang ingatan. Tapi amnesia ini yang sering terjadi pada mahasiswa kedokteran. Amnesia fisiologis. Amnesia karena banyaknya data yang dimasukkan dalam otak kita.

Continue reading

Eksplorasi Diri

Eksplorasi Diri

Beberapa saat yang lalu, saya sempet perang mulut dengan dua teman. Yang kita ributkan sebenarnya hal yang sepele, yaitu tentang apakah kita pantas untuk
melakukan aksi atau kata-kata yang booming sejak tahun 1998, demonstrasi.

Saya memulai perdebatan dengan “Masa ya harus aksi tho, Rek,, rasanya kok ngga pas,,”

Mereka kayaknya ngga terima, trus menimpali “Ya ngga bisa kalo kita diem terus,, kalo ada yang ngga sesuai kita harus berbuat sesuatu,, nanti kita ngga di
denger,,”

Hehehehe,, yah emang nggak persis seperti itu sih,, tapi yah seperti itulah gambaran kasarnya,,

Saya memang bukan orang yang senang dengan yang namanya ‘Aksi’,, nggak tau kenapa, setiap ngeliat ‘Aksi’, ‘Demo’, dan sodara-sodaranya yang sejenis, rasanya nggak pas aja. Terutama ketika yang melakukan hal tersebut adalah mahasiswa. Kok? Continue reading

%d bloggers like this: