Jeram sungai yang harus dilalui menuju Sang Madakaripura

Jeram sungai yang harus dilalui menuju Sang Madakaripura

Canon EOS 550DCanon EF 50mm f/1.8 II

2s f/22 at 50mm

Yang harus dipersiapkan apa saja untuk menempuh medan tracking menuju Sang Madakaripura?

Yang utama adalah sandal gunung. Saya sendiri melakukan kesalahan dengan tidak membawa sandal gunung saya ke Surabaya, tertinggal di Malang. Akhirnya saya memutuskan sangu sandal jepit. Sebenarnya sandal jepit pun kurang aman. Saya sendiri mengalami ketika akhirnya sandal jepit saya sebelah kanan sempat terlepas ketika menyeberang sungai dengan arus yang sedikit deras. Untung masih bisa dikejar dan diselamatkan (sandalnya!!). Hehe…

Well, kenapa kok kita harus bawa sandal gunung? karena medan tracking-nya menyusuri sungai dan beberapa kali menyeberang sungai. Jeramnya? Lumayan bagi mereka yang tidak pernah wisata alam. Hehe…

kalau tidak bawa sandal gunung? Tenang. Banyak penduduk yang mencari nafkah dengan berjualan sandal jepit. Harga sekitar 10.000-15.000 rupiah.

Apakah perlu Guide? Karena begitu sampai kita akan dikerumuni penduduk yang menawarkan diri sebagai guide. Berhubung ada di antara kami yang telah pernah ke Madakaripura, kami menolak dengan halus. Komentar abang-abang yang menawari kami, “Yah kalau gitu kami di sini dapat penghasilan dari mana?” sambil bersungut ngeloyor pergi. Saya sendiri agak kurang nyaman dengan cara mereka yang sedikit memaksa. Maka  terserah teman-teman kalau mau menggunakan jasa guide.

Cerita perjalanan kami belum selesai. Nantikan posting selanjutnya ya…

Tautan yang berhubungan:

Sang Madakaripura (1)

Buih Kapas Madakaripura (3)

Sweet Spot Madakaripura (4)

Tari Penyambutan Madakaripura (5)

Mengintip  Madakaripura (6)

Inilah Sang Madakaripura (7)