Nyeri Punggung dan Nyeri Leher

Back Pain dan Neck Pain.

Back pain atau nyeri punggung maupun neck pain atau nyeri leher merupakan masalah tulang belakang yang biasa dialami oleh manusia. Keluhan nyeri punggung dan leher biasanya muncul pada saat aktivitas, seperti berdiri lama, atau duduk lama (mengemudi kendaraan atau posisi kerja). Spektrum keluhan mulai dari nyeri tajam, tumpul, sampai hanya yang terasa kemeng. Statistik menyebutkan bahwa lebih dari 80% orang menderita nyeri punggung atau leher setidaknya sekali seumur hidup.

Nyeri punggung atau leher itu kenapa sih, Dok?

Yang perlu diingat adalah nyeri punggung dan leher merupakan gejala. Mayoritas nyeri punggung dan leher disebabkan oleh salah otot (keseleo) dan masalah degeneratif (proses penuaan). Hal ini biasanya dikarenakan postur tubuh kita yang buruk, otot penyangga tulang belakang yang lemah, atau kondisi overweight. Kondisi ini tidak serius dan merupakan kondisi yang dapat ditangani. Penanganan bergantung pada masalah yang muncul. Sebagian besar bisa membaik dengan sendirinya dalam enam minggu. Operasi jarang dilakukan (statistik menyebutkan hanya 1% masalah tulang belakang yang membutuhkan operasi pada penanganan pertama), tapi diperlukan pada beberapa kasus dimana penanganan konservatif tidak memperbaiki kesehatan tulang belakang.

Lantas kapan kita perlu datang ke dokter, Dok?

Kita perlu memeriksakan diri ke dokter apabila nyeri punggung dan leher tidak membaik dalam satu bulan, atau merasa terganggu aktifitas sehari-hari. Dengan anamnesis dan pemeriksaan fisik biasanya dapat dianalisis kemungkinan proses patologis apa yang sedang terjadi. Selanjutnya dapat didiskusikan perencanaan terapi yang tepat. Seringkali perencanaan terapi tulang belakang yang non-operatif melibatkan fisioterapis untuk melakukan terapi fisik. Terapi fisik membutuhkan kesungguhan ketelatenan pasien dan biasanya berlangsung dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, penggunaan obat sesungguhnya tidak menjadi pilihan utama, terutama pain killer, karena memiliki efek samping yang cukup mengganggu.

Perlu rontgen atau MRI, Dok?

Pemeriksaan radiologi sesungguhnya diperlukan agar perencanaan terapi memiliki dasar yang kuat. Hal ini dikarenakan struktur tulang belakang yang terdiri dari tulang, saraf, dan otot yang masing-masing berbeda penanganannya. Rontgen atau X-ray sangat berguna dalam mengetahui kondisi tulang  belakang, sedangkan MRI sangat bagus untuk mengamati kondisi persarafan tulang belakang. Tetapi kebutuhan akan pemeriksaan radiologi berbeda sesuai kasus yang ditangani.

Jadi memang sebaiknya periksa ke dokter ya, Dok, kalau ada masalah tulang belakang?

Gangguan kesehatan tulang belakang seringkali didominasi masalah ringan sehingga sering diremehkan, dan akhirnya penanganannya terlambat. Padahal, terdapat beberapa masalah tulang belakang yang memang sulit disembuhkan secara total dan bisa menjadi masalah kronis bila tidak segera dilakukan pemeriksaan dan penanganan secara dini. Contohnya adalah tumor, infeksi, dan patah tulang. Dengan perencanaan terapi yang tepat, keterbatasan (disabilitas) yang dapat muncul di kemudian hari bisa diminimalisir.

Bethesda Clinic
(031) 99001242
www.bethesda-clinic.com